Closing Down The Year(s) – Goodbye 2021 & 2022!!

TL;DR: highlightnya adalah motherhood is lonely, dan daycare adalah juru selamatku.

Terakhir kali bikin postingan kayak gini adalah edisi tahun 2020, terus eng ing enggg udah 2023 hahahaha. Ngga ada yang nagih, tapi gue sendiri merasa sayang kalo ga meneruskan rutinitas tahunan ini. Jadi mari kita rapel 2 tahun dalam satu postingan!

Sebelumnya, baca dulu ini lah biar nyambung dikit: Closing Down The Year – Goodbye 2020

Tahun 2021, di Q1 kami pindah dari ruko ke rumah kontrakan. Dari awal udah khawatir sama kebisingan di sekitar lingkungan karena daerah ini dekat sekali dengan rumah ibadah yang sangat aktif, sehingga begitu masuk pun udah bertekad, “Setahun aja ya di sini! Ga kuat kayanya lama lama.” And here we are, Januari 2023, gue udah mau bayaran kontrakan tahun ketiga hahaha.

Masuk Q2 highlightnya adalah BTS lahir ke dunia ini. Seorang manusia yang ga tau apa apa, ga bisa apa apa, makan minum TIDUR pun harus diajarin, tapi bener-bener mengubah kehidupan kami 180 derajat. Gausa dibahas apa aja yang bikin sulit jadi orang tua lah ya, pasti semua udah paham. Yang pasti, buat gue masa-masa BTS baru lahir itu saat-saat gue paling sering nangis hehehe.

Lucunya adalah, gue merasa gue udah cukup riset tentang gimana caranya lahiran, gimana caranya menyusui, apa itu baby blues, apa aja kesulitannya jadi ibu. Tapi nothing.. nothing… nothing prepared me for feeling isolated and lonely.

2 bulan pasca lahiran :)) kalo pas nangis, soundtracknya, “NOBODY SAID IT WAS EAAASSSYYY”

Gue selamanya berterima kasih sama teman-teman gue yang dengan sigap mendengarkan cerita gue, meskipun kalimat pembuka gue adalah protes kenapa kog mereka ga ngingetin bahwa motherhood ini akan membuat gue sangat sangat kesepian hahaha.

Anyway! 2021 berat, tapi things got better. Menyadari bahwa gue hampir mendekati gila kalau cuma ngurus newborn aja, maka masuk Q3 gue lanjut kerja lagi. Pindah kerja ke bidang edukasi, ada ups and downs nya, tapi secara umum gue bisa bilang bekerja adalah kunci kewarasan gue. Ada rutinitas baru, punya teman ngobrol yang merupakan manusia dewasa, ada alasan buat sesekali keluar rumah kalo ada acara ngumpul di kantor. Gitu terus sampe akhir Q4, eh terus tiba-tiba udah 2022.

2022 highlightnya adalah BTS masuk daycare. Sungguh, daycare ini segitunya membekas di hati gue sampe jadi urutan nomor 1 di list apa yang gue syukuri di tahun ini.

Cerita dikit ya soal ini. Jadi BTS pertama kali masuk daycare itu di umur 10 bulan, awalnya gue daftarin di daycare A. Tempatnya oke, anak-anaknya bervariatif, ada orang asing juga, all good. Cuma memang BTS ngga langsung tiap hari masuk daycare, karena waktu itu kita masih punya baby sitter di rumah. Nah ntah kenapa BTS di daycare ini masih suka nangis, hingga ke pertemuan kesekian. Hari pertama didrop, nangis sepaaanjang hari, masih wajar ya. Namanya juga pertama kali didrop. Jangankan dia, gue pun nangis sepanjang di mobil. Gue masih inget gue berlinang air mata pas denger tangisan dia menjerit dari dalam rumah daycare, sampe gue jalan ke parkiran dan akhirnya masuk mobil. Mobil udah jalan berapa ratus meter juga gue masih sesenggukan mempertanyakan apakah keputusan gue masukin BTS ini tepat.

Tapi terus, setelah beberapa kali masuk daycare ini pun BTS tetep suka nangis sesekali. Ntah karena memang dia ngga tiap hari juga ke daycare ini, jadi proses adaptasinya lebih susah, atau ntah karena gue juga kadang masih setengah-setengah semangatnya ngedrop dia di situ (soalnya jaraknya jauh, jadi gue juga suka males kena macet).

Alhasil memasuki usia dia 12 bulan, gue mulai riset daycare lagi. Ketika itu pas banget ada daycare lain baru buka di lokasi yang lebih deket kontrakan kami. Daycare yang ini, sebutlah daycare B, ntah kenapa dari awal feelingnya udah bagus.

Pas survey ke daycare A tuh gue sampe ngecekin semua ruangan di daycare tersebut, minta contoh menu, minta contoh report, ngeliatin ruangannya beneran babyproof ga, cctvnya gimana, ada colokan yang bisa diraih anak-anak ga, baby cribnya merek apa, wah semua gue pelototin. Tapi waktu ke daycare B, gue survey dalam keadaan itu daycare baruu aja selesai renovasi, dan dalemnya masih kosongan banget. Pagar di tangga belum ada, tempelan tempelan dinding ngga ada, bel depan pintu ngga ada, dan gue bahkan ga sempet survey ke kamar tidur karena waktu itu gue dateng pas ada bayi yang lagi bobo. Haha! Kalo inget waktu itu emang nekat juga.

Tapi satu hal yang bikin yakin sama daycare B ini adalah ketika hari pertama gue drop BTS. Dalam hati kan gue pake konsep probation aja ya, kalau kalauuu BTS ngambek ga betah di sini, yaudah sebulan aja, habis itu pindah lagi. Akan tetapi! Di hari pertama gue drop BTS, gue duduk di sofa memangku dia, lalu dateng seorang miss mendekati BTS dan ngajak dia interaksi, si BTS menjulurkan kedua tangan dan langsung mau digendong sama miss tersebut 🥺 BTS ngga nangis, otomatis gue juga pergi tanpa tangisan.

Dan demikianlah awal mula perjalanan kami bersama daycare, di mana BTS bertumbuh dan berkembang dengan optimal, dan kami orang tuanya bisa bekerja dengan waras dan bahagia.

Btw kalo penasaran, tahun 2022 kan highlight nomor 1 nya adalah daycare. Di urutan kedua dan seterusnya ada juga Syntek yang sudah berumur 8 tahun dan sudah makin besaaar, kemudian ada Fajar yang mulai menemukan hobi baru yaitu golf, BTS juga resmi sepanjang 2022 les renang, dari cuma planga plongo doang sampe akhirnya bisa lah dia jungkir balik di air, dan gue tetap mensyukuri pekerjaan gue yang masih tetap dan semoga seterusnya pun bisa remote bekerja dari mana saja.

Puji Tuhan mama papa sehat, meskipun kaki mama masih belum lentur dan lincah seperti dahulu kala sebelum jatuh dan patah. Mama papa di Jogja juga aman, makin bahagia karena di 2022 lahir satu cucu lagi, sepupunya BTS. Desember 2022 gue, Fajar, dan BTS terbang ke Jogja untuk merayakan pergantian tahun bersama di sana, dan bisa dibilang ini trip gue ke Jogja yang paling menyenangkan. Ga ketemu orang lain selain keluarga inti, ga ke tempat-tempat hits jogja, tapi hati ini full <3

Oiya covid apa kabar ya? Kami semua, yang ada di kontrakan ini, begitu pula mama papa, abang sekeluarga, juga mama papa di Jogja dan adik fajar sekeluarga di Jogja, sudah resmi sarjana Covid.

Udah 2023, udah punah kali ya covid?

One Reply to “”

  1. Sukaaa bgt sama cara nyeritainnya. Sangat runtut dan ada lucu lucunya 😅😅😅 btw aku bisa relate bgt sama bagian feeling lonely and isolated pasca lairan :”))) ngalamin baby blues parah tapi lebih ke karena anak w dari bayi sering diambil dr w pas doi nangis 🤣🤣

Leave a comment